Cari Berita berita lama

detikcom - Tiket Bus Trayek Riau-Jakarta Naik 100 Persen

Rabu, 3 Oktober 2007.
Tiket Bus Trayek Riau-Jakarta Naik 100 Persen
Chaidir Anwar Tanjung - detikcom
Pekanbaru - Tiga perusahaan bus secara serentak menaikkan harga tiket trayek Riau ke Jakarta, lebih dari 100 persen. Harga tiket ada yang mencapai Rp 650 ribu.

Kenaikan itu diberlakukan serentak oleh 3 perusahaan bus, yakni Lorena, Sari Harum dan Siliwangi Antara Nusa (SAN). Ketiganya membuka kantor perwakilan di Jl Tambusai, Pekanbaru.

Hari biasa harga tiket Riau-Jakarta hanya Rp 250 ribu. Untuk bus Lorena harga tiket yang ditawarkan kepada penumpang Riau menuju Jakarta harganya mencapai Rp 400 ribu per orang.

Harga tiket Bus Sari Harum jurusan Riau-Jakarta Rp 480 ribu. Sedangkan bus SAN menjadi Rp 490 ribu dari harga normal Rp 260 ribu. Harga itu hanya untuk jenis bus eksekutif dengan tempat duduk 2-2. Sedangkan bus Super Eksekutif dengan tempat duduk 2-1 harganya mencapai Rp 600 ribu.

Tiga perusahaan bus ini juga menerapkan harga tarif terjauh (Jakarta) bagi para penumpang tujuan kota Palembang atau Lampung. Padahal biasanya untuk tujuan ke kedua kota itu, para penumpang hanya dikenai tiket seharga Rp 190 ribu hingga Rp 210 ribu.

"Kita terpaksa membelinya. Alasanya awak bus mereka tidak melayani trakyek Riau Sumsel dan Lampung. Sehingga harga tiket disetarakan ke Jakarta atau Bandung yang nilainya juga naik 100 persen," terang Edison calon penumpang yang ditemui detikcom, Rabu (3/10/2007) di Loket Lorena Jl Tambusai, Pekanbaru.

"Ini modus baru para awak bus untuk mencari untung sebesar-besarnya. Mestinya pemerintah daerah jeli melihat permainan awak bus ini. Masak ini harga tiket bus Riau Palembang Rp 650 ribu per orang. Kiranya pemerintah dapat melihat dengan jeli kelicikan para awak bus ini," tambah Hari Bangun calon penumpang yang akan mudik ke Lampung.

Pihak PO Bus Lorena yang ditemui detikcom mengakui mereka tidak melayani trakyek Riau-Sumsel atau Lampung. Bus mereka hanya melayani trayek Jakarta dan Bandung.

"Kalau ada penumpang yang mau ke Palembang dan Lampung, silakan beli tiket harga Jakarta Rp 400 ribu untuk bangku 2-2. Ini bukan tuslah, tapi ini kebijakan dari kantor Pusat Lorena di Jakarta," kata Mira, salah seorang pegawai PO Bus Lorena.

Hal senada diungkapkan staf bus Sari Harum bernama Lena. Menurutnya, harga tiket Riau-Sumsel yang mencapai Rp 480 ribu per orang itu, bukan harga tuslah. Pihaknya hanya menjalankan perintah dari kantor Pusat Sari Harum di Bandung.

"Harga tiket kami naik bukan karena tuslah, tapi ini semata-mata ingin mencari keuntungan setahun sekali. Kami cuma menjalankan tugas saja," kata Lena.
(cha/djo)

No comments:

Post a Comment