Cari Berita berita lama

Loading...

TNI AL Buka Pendaftaran Calon Taruna AAL

Rabu, 26 Maret 2003.
TNI AL Buka Pendaftaran Calon Taruna AALJakarta, 26 Maret 2003 13:56Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), membuka kesempatan kepada para pemuda Indonesia untuk menjadi calon Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang dibuka sejak 3 Maret hingga 20 April 2003.

Dalam siaran pers TNI AL yang ditandatangani Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Kolonel Laut FX Purwono yang diterima Rabu, disebutkan, para pemuda yang berminat agar datang sendiri ke tempat pendaftaran.

Sementara itu syarat-syarat pendafataran antara lain, pada saat masuk pendidikan, 4 Agustus 2003 calon minimal telah berusia 18 tahun dan maksimal 22 tahun, berkelakuan baik, tidak kehilangan hak untuk menjadi prajurit TNI/TNI AL.

Selain itu, disertai dengan surat kelakuan baik dan Polres setempat, sehat jasmani dan rohani, lulus SMU atau MAN program IPA dengan nilai tidak kurang 42 untuk tujuh mata pelajaran yakni; Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Matematika dan PPKN.

Sedangkan untuk siswa kelas II SMU/MAN nilai rata-rata rapor tidak kurang dari 6,5 dan belum pernah menikah, serta sangup untuk tidak menikah selama pendidikan.

Para calon juga minimal memiliki tinggi badan 1,63 cm dengan berat badan seimbang dan sanggup menjalani masa ikatan dinas pertama selama 10 tahun terhitung sejak dilantik menjadi perwira TNI AL.

Syarat lainnya, calon bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, ada persetujuan dari orang tua atau wali bagi yang belum berusia 21 tahun dan persetujuan dari kepala jawatan atau instansi bagi yang sudah bekerja.

Pada saat calon datang ke tempat pendaftaran harus menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan foto copy Kartu Kewarganegaraan (bagi WNA) dua lembar, foto copy akte kelahiran/surat kenal lahir (2 lembar), , foto copy kartu keluarga (2 lembar), foto copy STTB SD, SMP, SMU serta DANEM (2 lembar), foto copy KTP calon dan kedua orang tua/wali (2 lembar).

Sedangkan tempat pendaftaran dan penyaringan terbagi dalam tujuh Panitia Daerah (Panda) yakni ; Pertama, Panda I dipusatkan di Belawan (Medan) dengan alamat Lantamal I Jl. Serma Hanafiah No. 1 Belawan.

Kemudian Teluk Bayur dengan alamat Lanal Teluk Bayur Jl Bukit Putus, Teluk Bayur, Padang. Sealian itu juga di Sibolga dengan alamat Lanat Sibolga Jl. S Parman, Sibolga, Sumatera Utara. Dana terakhir di Dumai dengan alamat Lanat Dumai Jl Yos Sudarso Dumai.

Kedua, Panda II, dipusatkan di Jakarta dengan alamat Lapetal Disminpersal Jl DR Sutomo No. 10 Jakarta Pusat. Kemudian di Cirebon dengan alamat Lanal Cirebon Jl. Kesunanan No. 33 Cirebon. Di Bandung dengan lamat Lanal Bandung Jl. Aria Jipang No 8 Bandung. Selain itu di kota Palembang dengan almat Lanal Palembang Jl. Yos Sudarso, palembang.

Ketiga, Panda III dipusatkan di Surabaya, dengan alamat Lantamal III Jl Laksda M Nasir No 56 Surabaya. Cilacap dengan alamat Lanal Cilacap Jl. Niaga No 2 Cilacap. Semaranag dengan alamat Lanal Semarang Jl Kapten Wiranto No 19 Semarang. Yogyakarta dengan alamat Jl Melati Wetan No 62 Yogyakarta. Kemudian juga bertempat di SMU Taruna Nusantara, Magelang (khusus Siswa SMU Taruna Nusantara). Malang dengan alamat Lanal Malang Jl Yos Sudarso No 3 Malang.

Keempat, Panda IV dipusatkan di Makasar dengan alamat Lantamal VI Jl Yos Sudarso No 308 Makasar. Kendari dengan alamat Lanal Kendari Jl RE Martadinata, Kendari. Banjarmasing dengan alamat Lanal Banjarmasin Jl Ahmad Yani no 10 Banjarmasin. Palu dengan alamat Lanal Palu Jl Yos Sudarso, Palu.

Kelima, Panda V dipusatkan di Jayapura dengan alamat Lantamal V Jl Amphibi Hamadi, Jayapura. Manokwari dengan alamat Fasharkan Manokwari Jl Arfak, Kp Baru Manokwari. Biak dengan alamat Lanal Biak Jl Yos Sudarso Biak. Sorong dengan alamat Lanal Sorong Jl Yos Sudarso Sorong.

Keenam, Panda VI, dipusatkan di Bitung dengan alamat Lantamal VI Jl Walanda Maramis Kairagi, Bitung. Ternate dengan alamat Lanal Ternate Jl Batu Hangus, Ternate Maluku Utara. Tahuna dengan alamat Tahuna Lanal tahuna Jl Tahete, Tahuna Sulawesi Utara.

Ketujuh, Panda VII dipusatkan di Tanjung Pinang dengan alamat Lantamal VII Tanjung Pinang Jl Yos Sudarso Batu Hitam, Tanjung Pinang. Pontianak dipusatkan di Lanal Pontianak Jl Yos Sudarso Pontianak. Batam dengan alamat Lanal Batam Tanjung Sengkuang batam. Mentigi dengan alamat Fasharkan Mentigi, Mentigi Tanjung Uban.

Para calon yang terdaftar akan mengikuti ujian seleksi dan pemeriksaan yang dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap satu seleksi tingkat daerah dan seleksi tingkat pusat di Lanal Malang.

Calon yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim mengikuti seleksi tingkat pusat. Sedangkan calon yang lulus seleksi tingkat pusat akan langsung mengikuti Orientasi matra dan Pendidikan dasar Keprajuritan selama tiga bulan dua minggu dengan status Calon Prajurit Taruna (Capratar) mulai 4 Agustus 2003 bersama-sama dengan capratar dari AKMIL dan Karbol dari AAU di Akmil Magelang.

Selanjut akan mengikuti pendidikan dasar golongan di AAL Surabaya selama 3 tahun 1,5 bukan. Pendidikan ini menggunakan sistem kredit semeseter (SKS) sehingga sesudah lulus dari AAL dapat melanjutkan ke perguruan tinggi dengan program sarjana Starta I (S 1). [Tma, Ant]

No comments:

Post a Comment