Cari Berita berita lama

Tempointeraktif.com - Lokomotif Tabrak Minibus di Purworejo

Senin, 9 Juli 2007.


Lokomotif Tabrak Minibus di Purworejo
Senin, 09 Juli 2007 | 14:06 WIB
TEMPO Interaktif, Purwekerto: Sebuah kecelakaan tunggal terjadi di perlintasan kereta Dusun Sucen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Senin (9/7), antara lokomotif dan minibus. Dalam musibah itu, satu orang tewas lima kritis dan 14 lainnya luka ringan.

Kepala Humas Daop V Purwokerto, Supriyadi menjelaskan, lokomotif yang mengalami kecelakaan itu bernomor BB 30016 dengan masinis Joko Karmanto. Lokomotif itu digunakan menarik rangkaian gerbong KA Sawunggalih dari Purworejo tujuan Jakarta. Sekitar 7 kilometer sebelum stasiun Kutoarjo, loko tersebut menabrak minibus.

"Di lokasi itu memang ada perlintasan yang tidak berpalang dan tidak ada penjaganya," kata Supriyadi. Sesuai dengan undang-undang, mestinya pengguna jalan raya mengutamakan kereta api untuk berjalan lebih dahulu. Tapi dalam kasus ini ternyata minibus tersebus berusaha menerobos sehingga terjadi kecelakaan.

Berdasarkan pantauan Tempo, minibus yang mengalami kecelakaan itu bernomor polisi AA-2645-C dengan pengemudi Khodirin. Kendaraan umum itu mengangkut sekitar 25 penumpang tujuan Semarang.

Minibus sempat terseret hingga lebih 50 meter dan kemudian terbalik. Penumpang yang luka-luka dilarikan ke RS Saras Husada Purworejo. Akibat kecelakaan itu, lalu lintas di jalur selatan sempat terganggu sekitar dua jam. Namun sekitar pukul 09.30, lalu lintas kembali normal setelah roda lokomotif yang hampir keluar rel, berhasil diangkat.

Syaiful Amin

No comments:

Post a Comment