Cari Berita berita lama

Loading...

Tempointeraktif.com - Adiguna Sutowo Bebas

Kamis, 24 Januari 2008.


Adiguna Sutowo Bebas
Kamis, 24 Januari 2008 | 20:31 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:
Baru menjalani masa hukumannya dua tahun, Adiguna Sutowo telah menghirup udara bebas. Menurut Kepala Rumah Tahanan Salemba, Bambang Sumardiono, Adiguna meninggalkan rutan pada tanggal 14 Desember lalu.

"Ia bebas, karena mengikuti program cuti menjelang bebas," kata Bambang ketika dihubungi Tempo, Kamis (24/1).

Hal ini juga dibenarkan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Departemen Hukum dan HAM Untung Sugiyono. Adiguna, kata Untung, mendapat keringanan hukuman selama 4 tahun.

Sebelumnya, baik di tingkat Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi, hingga tingkat kasasi di Mahkamah Agung, Adiguna dijatuhi hukuman penjara selama 7 tahun.

Tapi Adiguna mengajukan Peninjauan kmbali. "PK-nya sudah keluar tanggal 21 November kemarin," kata Bambang.

Ketika dihubungi terpisah, mantan pengacara Adiguna, M Assegaf, mengaku tidak mengetahui perihal pembebasan mantan kliennya itu. "Saya hanya mewakilinya dari tingkat Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung," kata Assegaf, ketika dihubungi melalui telepon selulernya. "Saya tidak mendampinginya waktu peninjauan kembali."

Adiguna Sutowo adalah terpidana kasus penembakan Yohanes Brachmans Hareudy Natong pada tanggal 1 januari 2005 silam di Hotel Hilton Jakarta. Proses hukumnya sempat menjadi kontroversi karena keluarga korban sempat meminta agar penyidikan dihentikan, setelah keluarga Adiguna memberikan sejumlah materi sebagai ganti kerugian pada keluarga korban di Flores. Purborini

No comments:

Post a Comment