Cari Berita berita lama

Tempointeraktif.com - Gratis, Pengobatan dan Perawatan Penderita Muntaber

Rabu, 22 Juni 2005.


Gratis, Pengobatan dan Perawatan Penderita Muntaber
Rabu, 22 Juni 2005 | 10:38 WIB
TEMPO Interaktif, Tangerang:Pemerintah Kabupaten Tangerang membebaskan biaya pengobatan dan perawatan semua penderita muntaber yang kini dirawat disejumlah Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang.

"Semua ditanggung Pemda," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Bachtiar Oesman, kepada Tempo, Rabu (22/6).

Menurut Bachtiar, setiap penderita muntaber yang mendapat perawatan di Puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Tangerang diberikan cairan infus, obat-obatan, dan perawatan secara gratis. "Ketika mereka pulang pun, kami bekali satu paket oralit," ujarnya.

Sementara itu, jumlah pasien muntaber yang dirawat di Puskesmas Sepatan dari 8-22 Juni, hingga berita ini diturunkan sejumlah 159 pasien. Sebanyak 26 pasien dirawat, dan lima diantaranya adalah pasien baru. Sementara itu di Puskespas Pakuhaji jumlah pasien yang dirawat berjumlah 80 orang, 20 dirawat, enam diantaranya pasien baru.

Berdasarkan jumlah penderita yang meninggal karena muntaber di Puskesmas Sepatan sampai kini 10 orang, semuanya anak-anak berusia 14 bulan sampai 7 tahun. Satu diantaranya adalah orang dewasa berusia 35 tahun. Sementara di Puskesmas Pakuhaji jumlah yang meninggal tujuh orang semuanya anak-anak berusia 4-10 tahun.

Menurut Bachtiar, ke 17 orang meninggal itu belum termasuk penderita yang meninggal di lapangan yang tak sempat dibawa dan dirawat ke Puskesmas. Joniansyah


INDEKS BERITA LAINNYA :

No comments:

Post a Comment