Cari Berita berita lama

Rio Tambunan Meninggal Dunia

Rabu, 8 Januari 2003.
Rio Tambunan Meninggal DuniaJakarta, 8 Januari 2003 13:36Mantan Kepala Dinas Tata Kota Pemda DKI Jakarta dan mantan Staf Ahli Mendagri, Ir Rio Tambunan, meninggal dunia di RS Tebet, Jakarta, Rabu, sekitar pukul 05.00 WIB setelah sekitar seminggu menjalani pengobatan dan perawatan.

Mendiang, yang juga ayah kandung penyanyi Denada Tambunan, dan mantan suami penyanyi kondang Emilia Contessa itu tutup usia dalam usia 68 tahun.

Semasa hidupnya, Tambunan sempat dikenal sebagai pengamat lingkungan. Ia menjadi bahan pemberitaan, saat bersaksi dalam gugatan class action korban banjir di Jakarta kepada Presiden dan Gubernur DKI Jakarta, yang dilaksanakan di PN Jakarta Pusat pada 12 September 2002.

Tambunan, yang saat itu menjadi saksi ahli Mendagri, menyampaikan kesaksian lengkap dengan dua bundel laporan, satu tas koper penuh data, peta-peta, dan tata ruang kota dan foto-foto program pengendalian banjir yang pernah dilakukan semasa ia menjadi menjabat Kepala Dinas Tata Kota DKI.

Menurut Tambunan saat itu, pemerintah Jakarta sebenarnya sudah memiliki perencanaan tata ruang dan pencegahan banjir yang memadai. Namun sejak 10 tahun terakhir semua kebijakan itu tidak dilakukan dengan konsekuen.

"Banyak jalur hijau berubah fungsi, dan waduk-waduk sebagai tempat penampungan air diciutkan dengan sengaja untuk kepentingan bisnis," katanya. [Tma, Ant]

No comments:

Post a Comment