Cari Berita berita lama

Kompas.Com - 12.cara.mendekorasi.dinding.interior

Kamis, 27 November 2008.

DINDING interior dapat diolah dengan berbagai cara. Duabelas cara berikut ini dapat Anda terapkan. 1. Polesan cat polos Umumnya untuk semua dinding yang sudah diplester. Pilih warna sesuai desain rumah dan selera Anda. Perhatikan pencahayaan alami (sinar matahari langsung) untuk aplikasi warna cat yang kontras atau gelap sebagai aksen. Jika dinding memiliki kelembapan tinggi, gunakan dulu pelapis antijamur dan aplikasikan cat dalam beberapa tahap agar hasil memuaskan. 2. Polesan cat teksturUntuk dinding di ruang-ruang yang memerlukan unsur dekoratif, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur.Sebaiknya aplikasikan pada satu atau dua bidang dinding saja, tidak keseluruhannya.Cat tekstur akan menampilkan efek sesak, jika teksturnya terlalu kasar.3. Tempelan wallcoverBiasanya digunakan di kamar tidur atau ruang keluarga.Pilih motif yang memberi kesan ceria pada kamar anak-anak atau yang memberikan suasana intim pada kamar tidur utama.Pilih motif yang tak banyak warna!
untuk ruang keluarga.Hindari penggunaannya di ruang-ruang yang lembap atau sering terkena air.4. Tempelan benda seniPilih benda seni dengan ukuran, bentuk, dan warna yang sesuai bidang dinding. Ukuran yang terlalu lebar atau panjang akan memberi efek sempit pada dinding. Sebaliknya jika terlalu kecil, keindahannya tak akan terlihat.Komposisikan peletakannya disesuaikan dengan area dinding, terutama jika benda seni yang akan dipajang bukan cuma satu buah.Beri pencahayaan khusus berupa spotlight, agar tampilannya terlihat menonjol.5. Lukisan atau muralKamar anak-anak bisa tampil atraktif jika menggunakan dekorasi ruang dengan lukisan dinding yang dapat membangkitkan karakter.Jika berkeinginan menampilkan mural (lukisan besar yang menonjol pada dinding), aplikasikan pada ruang khusus seni atau ruang keluarga yang cukup luas.Beri warna yang lembut pada mural di ruang keluarga, atau warna yang sama dengan dinding polos pada bagian lainnya.Sesuaikan desain lukisannya dengan kara!
kter ruang. Misalnya, lukisan pemandangan di ruang untuk bersa!
ntai.6.
Lapisan keramikPaling banyak digunakan pada back panel atau dinding belakang kitchen set di dapur/pantry dan dinding bawah kamar mandi.Pilih keramik polos atau mozaik untuk back panel, sedangkan di kamar mandi cukup yang polos dengan aksen lis.Anda boleh juga melapiskannya mulai dari atas lantai sampai batas plafon di ruang mana pun yang berdinding lembap. Namun cukup melapiskannya pada satu atau dua bidang dinding saja.Ukuran keramik yang kecil (dari 10x5cm, 10x10cm, sampai maksimal 20x20cm) akan memberi tampilan yang menonjolkan unsur dekoratif.Jika menggunakan keramik ukuran besar, beri aksen pada nat atau garis bevel agar tampilannya tidak flat.7. Lapisan batu alamSebaiknya digunakan pada ruang khusus sebagai sudut atau ruang seni, sehingga eksplorasinya lebih bebas.Jika diaplikasikan pada ruang fungsional, seperti ruang tamu atau ruang keluarga, ruang makan dan dapur, pilih batu alam bertekstur halus agar kesannya tak menyempitkan ruangan.Pilih warna alami bebatuan yang!
netral, seperti paras yogya atau yang krem -hindari batu candi-- agar tak 'menggelapkan' ruang.Sebaiknya beri coating agar perawatan lebih mudah.8. Lapisan material logam/kaca/dllMelapis cermin atau kaca pada dinding harus diberi ruang antara agar kelembapan dinding tak masuk ke material ini. Ruang antara itu bisa digunakan untuk rangka sebagai tempat untuk menempelkan material tersebut.Agar tampilan kaca atau cermin lebih indah, beri bingkai. Bentuk dan penempatan bingkai dapat dikreasikan, seperti menyerupai jendela atau kisi-kisi, bukan cuma di keempat sisinya saja.Sebaiknya pelapisan material logam tidak untuk menutupi keseluruhan bidang dinding. Aplikasi di bagian bawah saja, atau sebagai lis membuat tampilannya tak mendominasi, sehingga ruang tak berkesan keras.Kreasikan material logam untuk ditempelkan pada dinding, seperti dibuat berlekuk-lekuk atau diolah jadi bertekstur, untuk melembutkan tampilannya.9. Cerukan/nicheRuang dengan lahan terbatas dapat mengaplikasik!
an dekorasi dinding bercoak atau berupa cerukan (niche) ini. J!
adi, tak
perlu ada rak atau lemari pajangan karena coakan bisa berfungsi sebagai tempat memajang pernak-pernik.Cerukan pada dinding dapat dibuat vertikal atau meninggi, bisa juga berukuran besar, misalnya 60cmx100cm, yang berfungsi sebagai rak.Beri pencahayaan pada cerukan untuk menambah keindahan pernak-pernik yang dipajang di sana.10. Tonjolan/ambalanJika dinding tak memungkinkan untuk dibobol atau dicoak, buatlah ambalan. Dinding menjadi lebih fungsional dengan tambahan rak yang menempel itu. Fungsinya sebagai tempat memajang aneka aksesori ruang.Ambalan bisa dibuat dari gipsum atau papan kayu. Perhatikan cara menempelkannya agar hasil memuaskan, misalnya dengan angker yang ditancapkan ke dinding.Jika menggunakan siku-siku sebagai penahan ambalan, pastikan tempelannya rapi.11. Ekspos materialUmumnya material yang diekspos adalah batu-bata, beton ringan aerasi, gipsum, dan plester kamprot.Diaplikasikan pada ruang publik untuk menciptakan kehangatan.Pilih material yang bagus dengan!
tampilan yang rapi dan presisi. Perhatikan pemasangan material yang akan diekspos, terutama bagian finishing-nya. Kerapian merupakan kunci untuk memperoleh hasil terbaik.Beri coating yang sesuai karakter materialnya agar tampilan alami yang diinginkan tercapai.12. Olahan artworkSediakan ruang khusus untuk mendekorasi ruang dengan olahan dinding berupa artwork. Misalnya, studio atau ruang entertainmet.Kreasi-kreasi seni, seperti dinding artifisial dari semen atau ukiran kayu dan logam, dapat diaplikasikan untuk membangun suasana seni yang kental atau untuk mendukung kebebasan Anda berekspresi.
Idea

No comments:

Post a Comment