Cari Berita berita lama

Info Haji Departemen Agama di Internet

Selasa, 15 Januari 2002.
Info Haji Departemen Agama di InternetJakarta, 15 Januari 2002 12:55PERLU informasi dan berita seputah haji lewat Internet? Coba saja buka situs www.informasi-haji.com. Di situ tersedia info aktual tentang pelaksanaan haji tahun ini, tata cara melaksanakan haji, waktu Jakarta dan waktu Saudi, seta berita yang terkait dengan pelaksanaan haji.

"Melalui informasi yang lengkap dan akurat, jamaah haji diharapkan dapat lebih khusyuk melaksanakan ibadah, termasuk ketenangan para anggota keluarga di tanah air," kata Menteri Agama Said Aqiel Husin Al-Munawar hari ini di Jakarta.

Itu diungkapkan Menteri Agama usai menjadi saksi pendatangan kerjasama antara Departemen Agama dan PT Indosat untuk pengelolaan situs tersebut. Kerjasama itu diteken Dirjen Bimas Islam dan Penyelenggaraan Haji Depag RI, Drs.H.Taufiq Kamil dengan Direktur Pengembangan Perusahaan PT Indosat, Budi Prasetyo.

Dalam kerjasama tersebut, Indosat menyediakan perangkat fasilitas teknologinya, termasuk disain dan pengembangan situs web-nya. Departemen Agama mengisi web site itu dengan berbagai bahan informasi haji, meng-up date sekaligus menyajikannya dalam bentuk berita- berita aktual seputar penyelenggaraan haji, tip-tip ibadah, jadwal keberangkatan dan pemulangan jamaah, informasi cuaca, anggota jamaah yang sakit atau wafat serta bahan informasi lainnya.

Menurut Said Aqiel Husin Al-Munawar, untuk mendukung terselenggaranya pengelolaan media informasi haji melalui internet ini, Departemen Agama mulai musim haji 2002 ini juga membentuk "media center" di Jeddah, Makkah, dan Madinah.

Media center yang dikelola oleh Bidang Data dan Informasi Haji Depag bersama tim wartawan peliput inilah yang bertugas mengisi bahan informasi untuk situs haji tersebut.

Menurut Menteri, pemanfaatan web site ini tidak semata untuk kepentingan haji dan umroh, tapi dalam pengembangan nya kelak juga akan dimanfaatkan menangani aspek pelayanan Depag yang lain seperti zakat, wakaf, nikah dan pendidikan agama. [Dh, Ant]

No comments:

Post a Comment