Cari Berita berita lama

detikcom - Diketahui Hidup, 2 Veteran Perang Dunia II Jepang Dilacak

Minggu, 29 Mei 2005.
Diketahui Hidup, 2 Veteran Perang Dunia II Jepang Dilacak
Fedhly Averouss Bey - detikcom

Jakarta -
Perang Dunia (PD) ke II memang sudah berakhir 60 tahun yang lalu. Namun cerita di belakang itu masih terus berlanjut. Para diplomat Jepang saat ini berusaha melacak keberadaan dua prajurit mereka yang hilang di wilayah Filipina Selatan saat perang itu.

Jepang memang merupakan salah satu negara yang terlibat dalam perang yang menewaskan puluhan juta jiwa di seluruh dunia itu. Filipina seperti halnya Indonesia merupakan salah satu negara jajahan Jepang pada PD II.

Dua veteran perang itu diketahui terpisah dari Divisi ke-30 Tentara Kekaisaran Jepang enam dekade lalu. Mereka bersembunyi di daerah pegunungan di Pulau Mindanao karena takut diadili di Jepang karena dugaan berkhianat.

"Laporan itu didapat dari sumber yang belum jelas. Kami belum dapat memastikan apakah mereka benar mantan prajurit kami," kata juru bicara Kedubes Jepang di Filipina Shuhei Ogawa," seperti dilansir Associated Press, Minggu (29/5/2005) pagi.

Saat ini sejumlah diplomat Jepang sedang mengecek kebenaran berita tersebut langsung ke lokasi. Mereka mendatangi Kota Santos, sekitar 600 mil dari sebelah selatan Filipina, tempat dua orang itu dilaporkan berada.

(
fab
)

No comments:

Post a Comment