Cari Berita berita lama

Republika - Tabrakan Bus di Kragan Telan 6 Nyawa Sopir mengantuk dan busnya oleng ke jalur arah berlawanan.

Sabtu, 4 Oktober 2008.
2008-09-30 06:03:00
Tabrakan Bus di Kragan Telan 6 Nyawa Sopir mengantuk dan busnya oleng ke jalur arah berlawanan.


REMBANG -- Enam orang tewas setelah dua bus yang berlawanan arah--masing-masing Hiba Utama dan Sinar Mandiri--bertabrakan di jalur pantai utara (Pantura) timur, Jawa Tengah, pada H-2 Lebaran atau Senin (29/9), pukul 06.00 WIB. Peristiwa ini menambah panjang daftar kematian di jalur arus mudik Lebaran 1429 Hijriyah/2008.Musibah yang juga melukai sedikitnya 25 orang ini terjadi di Desa Kragan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, dalam situasi lalu lintas yang cukup sepi. Pada jam tersebut, arus mudik baru surut setelah terjadi kepadatan pada malam harinya.
Informasi dari Polres Rembang menyebutkan, dua dari keenam korban tewas adalah sopir Hiba Utama bernama Nursiman (38) dan sopir Sinar Mandiri, Amin (32). Empat korban lainnya adalah Tamin (42), warga Puyukan Rembang; Yanti (30), warga Pakis Tuban; Sugiarto, warga Mojokerto; serta Sulastri (30), warga Purworejo.Kronologis kejadiannya, bus Hiba Utama bernomor polisi B 7316 IW jurusan Jakarta-Surabaya yang dikemudikan Nursiman melaju dari arah barat (Pati-Lasem). Diduga, saat tiba di lokasi kejadian, sopir Nursiman mengantuk dan bus yang dikemudikannya oleng ke kanan, lalu melaju di jalur berlawanan arah.Dari arah timur (Lasem), melaju bus Sinar Mandiri bernomor polisi N 7145 UG jurusan Surabaya-Semarang yang dikemudikan Amin. Karena jarak sudah sangat dekat, tabrakan antara dua bus ini tak dapat dihindari.''Meski bus Sinar Mandiri mencoba menghindar ke arah kiri, benturan di bagian kanan badan bus tak terelakkan,'' jelas Kasat Lantas Polres Rembang, AKP Zamroni.Akibat benturan!
yang cukup keras, enam korban tewas di lokasi kejadian. Jasad mereka segera dibawa ke Puskesmas Kragan II. Sebanyak 25 orang korban luka juga mendapat perawatan di puskesmas ini. Delapan orang luka, di antaranya, kemudian dirujuk ke rumah sakit Rembang karena kondisinya cukup parah. Sedangkan, sisanya diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan.Selain di Puskesmas Kragan II, 16 korban lainnya mendapat perawatan di Puskesmas Kragan I. Dua korban di antaranya dirujuk ke RS Tuban. Angka korban tewasDilaporkan pula bahwa 11 pemudik tewas di berbagai jalur mudik di Jawa Tengah mulai H-6 hingga H-2 Lebaran 2008. Ketua Harian Posko Terpadu Lebaran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng, Bekora Saputranto, kemarin, mengatakan, ke-11 pemudik tewas dalam kecelakaan lalu lintas, seperti di Brebes, Gubug (Grobogan), Petarukan, dan Rembang.''Posko terpadu mencatat sebelas kejadian kecelakaan yang sebagian besar melibatkan bus dan pemudik bersepeda motor!
,'' ungkap Bekora. owo (-)

Index Koran

No comments:

Post a Comment