Cari Berita berita lama

detikcom - Laut Seram Telan Nyawa 5 Orang

Kamis, 16 Agustus 2007.
Laut Seram Telan Nyawa 5 Orang
M Hanafi Holle - detikcom
Ambon - Gelombang laut Seram, Maluku, kembali memakan korban. 5 Orang yang masih satu keluarga tewas tenggelam, termasuk di antaranya dua balita.

Peristiwa tenggelam ini terjadi Rabu (15/8/2007) pukul 17.30 WIT di perairan sebelah timur Pulau Ambon. Kali ini menimpa sebuah perahu motor bermesin atau biasa disebut ketinting, berpenumpang 6 orang.

Menurut Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Didik Wijanarko, 5 penumpang itu tewas tak lama setelah kejadian. Sementara 1 penumpang selamat, yakni Subhan Selang.

5 penumpang itu adalah Ny Salma Selang (38), Hasan Selang (40), Ny Sarmawiyah (45), dan 2 balita Muammar Kaisupi (4) dan Nur laila (3). Keenam orang ini merupakan satu keluarga, warga Desa Iha, Kecamatan Piru, Kabupaten Seram Bagian barat, Maluku.

Didik menceritakan, kapal motor naas itu ditumpangi satu keluarga yang hendak pulang dari kebun cengkeh yang berlokasi di Dusun Ulung, Iha, menuju pusat desa Iha. Namun, di perjalanan perahu itu dihantam gelombang besar dan angin kencang. Ketinting itu pun terbalik.

Kejadian ini segera diketahui karena pada saat bersamaan, sebuah perahu motor berada di belakang perahu motor yang dinaiki keluarga Selang. Perahu motor yang di belakang itu berhasil menyelamatkan Subhan dan juga mengevakuasi 3 korban lainnya sudah tewas.

Perahu motor langsung ke Mapolsek Huanual. Pencarian langsung dilakukan Rabu sore itu juga dengan menggunakan sebuah motor ikan besar yang memiliki jaring. Akhirnya 2 korban tewas lainnya ditemukan.

Para korban dievakuasi ke Dusun Ulung dan selanjutnya akan dibawa ke Desa Iha. Siang ini kelima korban tewas akan dimakamkan. Kapolres Seram Bagian Barat minta warga untuk berhati-hati melakukan pelayaran di laut, karena dalam kurun waktu 1 bulan, sudah 3 kali terjadi kecelakaan laut.
(aba/aba)

No comments:

Post a Comment