Cari Berita berita lama

KoranTempo - Telkom dan Alcatel Kerja Sama Proyek Litespan 1540

Selasa, 13 Agustus 2002.
Telkom dan Alcatel Kerja Sama Proyek Litespan 1540JAKARTA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Divisi Regional II Jakarta dan sekitarnya bekerja sama dengan konsorsium yang dipimpin PT Alcatel Indonesia untuk menggarap proyek Litespan 1540. Konsorsium yang dipimpin Alcatel terdiri dari PT Dwitama Selaras Perwira dan PT Angkasa Buana Cipta Telekomunikasi.

Penandatanganan kontrak kerja sama antara Telkom dengan Alcatel itu telah dilakukan sejak Juni lalu dan menurut rencana, proyek itu akan mulai dilaksanakan September hingga 2004 mendatang.

"Target Alcatel adalah memasang sekitar 20 ribu saluran sambungan layanan," kata Adji Rukmantara, Senior Marketing Manager Broadband Networking Division PT Alactel Indonesia di Bandung.

Menurut Adji, pemasangan saluran itu akan dilakukan secara bertahap, meliputi daerah telekomunikasi Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Tangerang.

Sementara itu, Koordinator General Affair Unit Adhoc Multi Media Akses PT Telkom Divre II Dikdik Darmadi mengungkapkan, pemasangan solusi teknologi Alcatel ini akan secara bertahap dilaksanakan di berbagai lokasi. Untuk kuartal II akan mulai dipasang 504 saluran sambungan layanan, kuartal III 1.008 dan kuartal IV sekitar 2.688 saluran. "Jumlah lokasi pada setiap kuartalnya berbeda-beda, disesuaikan dengan target saluran yang akan dipasang," katanya.

Menurut Didik, kerja sama Telkom dengan Alcatel ini menggunakan pola pembagian keuntungan dengan komposisi 55 persen bagi mitra (konsorsium Alcatel sebagai investor) dan 45 persen ntuk Telkom. Pola ini agak berbeda dengan kerja sama Telkom dengan Siemens sebelumnya, dengan komposisi 60:40 persen.

Perbedaan tersebut karena besarnya investasi sangat tergantung pada teknologi yang digunakan. Semakin canggih teknologinya maka semakin murah biayanya. Dalam kerja sama dengan Siemens, dibutuhkan dana yang cukup besar karena teknologi yang digunakan membutuhkan pembangunan infrastruktur baru. Sedangkan Alcatel menawarkan efisiensi biaya dan tenaga. Litespan 1540 tidak perlu membangun infrastruktur yang baru, tetapi cukup menggunakan yang telah ada.

Alcatel Litespan 1540 merupakan produk terbaru Alcatel yang memberikan solusi dengan menyediakan lebar pita (bandwith) yang jauh lebih besar bagi pengguna layanan. Teknologi ini merupakan solusi terhadap peningkatan permintaan lebar pita yang fleksibel, dengan memiliki kemampuan yang mempertinggi sistem akses. Litespan memberikan akses fleksibel berbagai sistem layanan yang memungkinkan jaringan layanan mengirimkan beberapa layanan dari satu area ke satu tujuan.

Penggunaan solusi Litespan 1540 oleh pengguna layanan akan lebih memudahkan akses data maupun suara. Melalui teknologi ini, pengguna dapat menggunakan fasilitas telepon dan internet secara bersamaan. Hal itu dimungkinkan karena perangkat Litespan 1540 mengatur jalur yang berbeda untuk akses suara dan akses data. Kondisi ini lebih menguntungkan daripada teknologi dial-up yang selama ini digunakan.

Sebelumnya pada saat internet sedang digunakan, telepon terpaksa tidak bisa dipakai. Melalui teknologi ini, hambatan seperti itu takkan lagi ditemui dan aksesnya juga bisa lebih cepat. Pengguna tinggal memiliki pemisah yang memisahkan jalur akses untuk suara maupun data.

Para pengguna internet di perumahan misalnya, hanya membutuhkan sebuah pemisah untuk melengkapi perangkat keras yang telah ada, seperti pesawat telepon, komputer pribadi, dan modem.

Secara fisik, Litespan berbentuk sebuah lemari setinggi dua meter yang terdiri dari sejumlah rak yang menyimpan berbagai blok modul. Setiap modul berfungsi sebagai slot yang mengatur layanan tertentu bagi pelanggan. Jumlah modul pada setiap rak tidak ditentukan, tergantung dari kebutuhan pengguna. dara meutia uning

No comments:

Post a Comment