Cari Berita berita lama

KoranTempo - FTC Akhirnya Izinkan HP Akuisisi Compaq

Jumat, 8 Maret 2002.
FTC Akhirnya Izinkan HP Akuisisi Compaq SAN FRANCISCO - Rencana Hewlett-Packard Co. (HP) mengakuisisi pesaing utamanya, Compaq Computer Corp., menemukan titik terang setelah Komisi Perdagangan Federal (FTC) akhirnya mengizinkan rencana tersebut.

Sebelumnya sempat dikhawatirkan, FTC tidak akan meloloskan niat HP untuk mengakusisi Compaq, produsen komputer pribadi (PC) nomor dua.

Rencana itu juga sempat terancam batal, yang datang dari keluarga Hewlett, salah satu pendiri Hewlett-Packard Co., yang menolak rencana HP mengakuisisi Compaq.

Walter Hewlett, anak dari co-founder William Hewlett, mengatakan dengan transaksi ini perusahaan akan mendapatkan apa yang tidak diinginkan. Kesepakatan ini akan membahayakan perusahaan (HP), karena perusahaan terpaksa mengkompromikan kemampuan masing-masing untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

FTC, Rabu (6/3) lalu, mengizinkan HP melanjutkan rencana yang akan menjadi merger terbebesar dalam sejarah indstri komputer itu. Hal ini kontras dengan sikap investor, yang justru berhati-hati sekali dengan rencana tersebut.

Persetujuan FTC, yang memang sangat diharapkan, dikeluarkan sehari setelah penasehat investor yang paling berpengaruh di perusahaan memberikan pengesahan kepada HP untuk mengakuisisi Compaq senilai US$ 22 miliar (saham).

Persetujuan ini merupakan hambatan terakhir dari pihak regulator, setelah sebelumnya regulator Eropa dan Kanada, juga telah memberikan izin persetujuannya.

Komisi mengeluarkan izinnya, setelah dilakukan pemungutan suara 5-0 untuk yang menyetujui rencana merger tersebut. FTC mengatakan, tidak ada bukti-bukti bahwa kombinasi dari dua perusahaan itu akan menyebabkan terhambatnya kompetisi di pasar PC, server, microchip ataupun produk lainnya.

Sementara Institutional Shareholder Services (ISS) mengatakan, pemegang saham (shareholder) Compaq juga bisa melakukan pemungutan suara agar tercapai kesepakatan. Namun, beberapa pemegang saham dari lembaga mengatakan, mereka tidak akan membabi buta mengikuti saja langkah ISS yang mengatakan bahwa rencana itu merupakan strategi terbaik untuk jangka panjang.

"Kami selalu melihat bahwa ISS hanyalah salah satu dari sepotong teka-teki," kata Tony Maramarco, Managing Director David L. Babson Co., yang memiliki saham baik di HI maupun di Compaq. Pihaknya sendiri akan memilih melakukan pemungutan suara untuk mencapai kesepakatan.

Sementara itu seperti diberitakan sebelumnya, Chief Executive Officer (CEO) Hewlett-Packard Co. Carly Fiorina dan CEO Compaq Computer Corp. Michael Capellas, secara bersama-sama kemungkinan akan dibayar lebih dari US$ 115 juta, jika kedua perusahaan komputer itu jadi bergabung.

Menurut Direktur HP Walter Hewlett belum lama ini, detail dari paket kompensasi untuk Fiorina dan Capellas itu merupakan suatu hal yang penting. Para pemegang saham HP harus mengetahui ini.

Namun, sampai saat ini belum ada keputusan final dari HP tentang berapa nilai kompensasi yang akan diberikan perusahaan kepada Fiorina. Gaji Fiorina sendiri mencapai US$ 1 juta (tanpa bonus) pada tahun fiskal 2001 dan menerima opsi saham senilai US$ 13,5 juta.

Seperti diketahui, Fiorina selama ini terus menerus menekankan betapa pentingnya membeli Compaq senilai US$ 21,6 miliar itu. Sementara Walter Hewlett, anak dari pendiri HP William Hewlett, justru menentang rencana tersebut. reuters/grace

No comments:

Post a Comment