Cari Berita berita lama

detikcom - Infeksi Mata, Bausch & Lomb Tarik ReNu with MoistureLoc

Selasa, 16 Mei 2006.
Infeksi Mata, Bausch & Lomb Tarik ReNu with MoistureLoc
Rita Uli Hutapea - detikcom
Washington -
Perusahaan Bausch & Lomb Inc. akhirnya menarik cairan pembersih lensa kontak ReNu with MoistureLoc yang bermasalah itu. Penarikan ini sifatnya permanen dan global.

Penarikan ini dilakukan karena produk tersebut dipandang sebagai "penyebab potensial" merebaknya kasus-kasus infeksi mata yang bisa menyebabkan kebutaan.

Badan pengawas obat dan makanan AS atau Food and Drug Administration (FDA) menyatakan, Bausch & Lomb Inc. berpendapat bahwa salah satu produknya, ReNu with MoistureLoc dalam kondisi tertentu bisa meningkatkan risiko infeksi mata Fusarium keratitis, ditambah lagi dengan cara pemakai menggunakan cairan pembersih lensa kontak tersebut.

Perusahaan itu telah menghentikan penjualan ReNu MoistureLoc di AS pada 13 April lalu setelah badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyelidiki melonjaknya infeksi mata di kalangan warga AS yang memakai produk itu.

Kasus infeksi mata ini pertama kali muncul di Asia yang mendorong dihentikannya sementara penjualan produk ReNu di Singapura, Hong Kong dan Malaysia pada 18 Februari lalu.

"Prioritas tertinggi Bausch & Lomb's adalah keselamatan para konsumen kami dan kami ingin mereka punya kepercayaan penuh pada produk-produk kami," ujar Ronald Zarrella, salah satu pimpinan Bausch & Lomb's saat mengumumkan bahwa ReNu MoistureLoc mulai ditarik dari pasar dunia.

Namun perusahaan itu menegaskan, penarikan ini cuma berlaku untuk produk MoistureLoc. Artinya, cairan pembersih ReNu lainnya, termasuk ReNu Multiplus yang turut dikaitkan dengan kasus infeksi mata, tidak ditarik dari peredaran.

Jumlah kasus Fusarium keratitis di AS telah melesat menjadi 122 kasus, kebanyakan dari mereka memakai ReNu MoistureLoc.

(
ita
)

No comments:

Post a Comment