Cari Berita berita lama

detikcom - Depnaker Gelar Pameran Bursa Kerja di Sentul 9 Agustus

Rabu, 3 Agustus 2005.
Depnaker Gelar Pameran Bursa Kerja di Sentul 9 Agustus
Hendi Suhendratio - detikcom

Jakarta -
Anda masih menganggur? Tak usah khawatir. Dalam waktu dekat Departemen Tanaga Kerja dan Transmigrasi (Depnakertrans) mengadakan pameran bursa lowongan kerja. Tak tanggung-tanggung pameran ini diadakan di Sirkuit Sentul Bogor pada 9-10 Agustus 2005.

Kegiatan yang bernama Sentul Job Fair 2005 ini diharapkan bisa memfasilitasi para pencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan bakatnya masing-masing. Tentu saja juga diharapkan dapat mengurangi pengangguran.

"Alasan mengambil lokasi daerah Sentul adalah ingin menjaring tenaga kerja yang berada di sekitar daerah kawasan industri seperti Cibinong, serta wilayah Sentul sendiri termasuk Jabotabek," kata Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Depnakertrans Kirnadi di kantornya, Jl Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (3/8/2005).

Pameran seharga Rp 150 juta ini akan menawarkan 2.200 lowongan dengan 170 tingkatan jabatan.Sekitar 40 perusahaan di bidang migas, konstruksi, perbankan, elektronik, garmen dan otomotif, turut andil.

"Jumlah perusahaan tersebut akan terus bertambah karena pendaftaran belum ditutup," jelas Kirnadi. Sedangkan para pencari kerja bisa masuk ke arena pemeran tanpa dipungut biaya sepeser pun.jelasnya

Kirnadi menjelaskan, permasalahan ketanagakerjaan di Indonesia sangat serius dan perlu diantisipasi. "Perlu diwujudkan pemerataan kesempatan kerja dan penyedian lapangan kerja yang sesuai kebutuhan pembangunan nasional," ujarnya.

Sesuai data BPS, di Tanah Air terdapat 10,3 juta penganggur terbuka dan 27,9 juta penganggur setengah terbuka. "Bahkan dalam semester awal tahun 2005 Januari - Juni bertambah sebanyak 600 ribu penganggur terbuka sehingga kalau ditotal terdapat kurang lebih 11 juta penganggur di Indonesia," paparnya.

(
ahm
)

No comments:

Post a Comment