Cari Berita berita lama

Republika - Tangerang Usulkan Pembangunan Pantura ke DKI

Rabu, 22 Pebruari 2006.

Tangerang Usulkan Pembangunan Pantura ke DKI












JAKARTA -- Kabupaten Tangerang dan DKI Jakarta sepakat mempercepat pembangunan wilayah pantai utara (pantura). Kabupaten Tangerang juga mendukung pelaksanaan megapolitan di wilayah Jabodetabekjur. Saat ini terdapat permasalahan infrastruktur jalan di kawasan Kabupaten Tangerang. Menurut Tubagus Bayu Murdani, wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, kedua belah pihak memiliki pemikiran yang sama dalam pembangunan kawasan pantura. ''Sudah matching Tangerang dan DKI, untuk kelancaran lalu lintas,''kata dia usai menemui Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, Selasa (21/2). Rencananya, percepatan pembangunan pantura ini dilakukan di Kosambi dan Teluk Naga. Namun Bayu mengaku belum membicarakan masalah investasi. Ia menambahkan, Kabupaten tangerang dan DKI Jakarta memiliki kesamaan dalam upaya penyelarasan infrastruktur. Selain itu juga dalam mengelola masalah sampah. Namun pembicaraan tersebut belum mengarah kepada kelayakan lahan di Kabupaten Tangerang untuk menjadi tempat pengolaha!
n sampah. Sedangkan tentang konsep megapolitan yang ditawarkan Sutiyoso, Bayu langsung menyetujuinya. Bagi dia, konsep ini memberikan kemaslahatan bagi umat sehingga perlu diwujudkan. Mengenai komentar Ratu Atut Chisiyah, Plt Gubernur Banten yang menolak konsep ini, ia mengatakan, Atut tidak mengerti dengan konsep tersebut. Catur Laswanto, kepala Biro Humas DKI Jakarta mengatakan, pertemuan tersebut membicarakan tentang konsep megapolitan. Mengutip keterangan Sutiyoso, Catur mengatakan, hal-hal yang selama ini menjadi disalahartikan masyarakat, terutama tudingan pencaplokan wilayah. Padahal, yang dilakukan hanyalah mengoordinasikan tata ruang antarwilayah. ''Implikasinya tumbuh perumahan baru yang memacu pertambahan ekonomi yang berarti peningkatan APBD mereka,''ujar dia. Konsep ini, tambahnya, menyebarkan pembangunan ke kawasan di sekitar Jakarta. Apabila infrastruktur transportasi busway dan monorel dapat dibangun sampai Tangerang dan Bekasi, maka masyarakat tidak perlu !
bersusah payah menghadapi kemacetan. Catur menyambut baik usul!
an pemba
ngunan wilayah kawasan utara Kabupaten Tangerang. Namun dia belum berkomentar soal berapa anggaran yang akan dialokasikan Pemprov DKI untuk membantu daerah tersebut.n
( c34 )

No comments:

Post a Comment