Cari Berita berita lama

Musikus Ternama Israel Jadi Warga Palestina

Selasa, 15 Januari 2008.

Musikus Ternama Israel Jadi Warga Palestina

TEMPO Interaktif, Ramallah: Musikus ternama Israel, Daniel Barenboim mengaku dirinya telah berubah status menjadi warga Palestina.

Konduktor sekaligus pianis masyhur memang sering tampil di wilayah Otoritas Palestina sejak lima tahun lalu. "Saya berharap status baru saya akan menjadi contoh bahwa rakyat Israel dan palestina bisa hidup berdampingan," kata Barenboim, 65 tahun, seperti dikutip surat kabar Israel, Jerusalem Post, kemarin.

Ia mengatakan mau menerima kewarganegaraan baru itu lantaran menjadi simbol ikatan abadi di antara kedua bangsa yang kini bertika. "Saya pribadi berfikir kami telah diberkati," ujarnya.

Keputusan memberikan paspor Palestina kepada lelaki kelahiran Argentina itu dibuat oleh pemerintahan bersama Hamas dan Fatah yang dibentuk Maret tahun lalu. Bersama penulis kenamaan Amerika Palestina, Edward Said, ia mendirikan Orkestra West-Eastern Divan bagi musisi muda Arab, Israel, dan Palestina untuk memajukan perdamaian di Timur Tengah.

Bareboim pertama kali tampil sebagai pianis dalam sebuah konser di Roma, Italia, pada 1952. Ia juga telah memimpin Orkestra Chicago Symphony dan Staatskapelle Berlin. Pada Mei 2006, ia menyutradarai pertunjukan di gedung opera La Scala, Milan, Italia.

AFP/Faisal Assegaf

No comments:

Post a Comment