Cari Berita berita lama

KoranTempo - Tuntut Majalah What's On

Rabu, 6 Maret 2002.
Tuntut Majalah What's OnRatna Sari Dewi Soekarno, istri mantan Presiden Soekarno, menuntut majalah Indonesia What's On karena memuat foto-fotonya tanpa meminta izin lebih dulu. Pengadilan ketiga kasus ini digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (5/3) dengan menghadirkan Dewi sebagai saksi dan Warsito Wahono, Pemimpin Redaksi majalah tersebut sebagai terdakwa.

Dewi terbang dari Jepang dan tiba semalam di Jakarta khusus untuk menghadiri persidangan itu. Ia mengaku dirugikan karena foto-foto itu diambil dari buku Maddame D'Syuga. "Ia (majalah What's On) punya niat jahat dengan memuat foto saya itu," kata Dewi dengan bahasa Indonesia yang terbata.

Dewi datang ke PN Jakarta Pusat pukul 11.00 WIB ditemani pengacaranya, Dwi Heri Sulistiawan. Ia langsung menjadi bahan perhatian pengunjung sidang dan wartawan. Mengenakan busana biru muda, perempuan Jepang yang masih cantik di usianya yang ke-62 itu menganggap pemuatan foto itu telah melanggar hak cipta, karena hak cipta foto D'Syuga ada pada dia. "Bahkan fotografernya pun tidak diberi izin," kata Dewi. Hidedi Fujii, fotografer itu, dalam kesaksiannya yang dibacakan Jaksa Mukin juga mengaku tidak pernah dihubungi Majalah What's On.

Warsito Wahono membantah telah melanggar hak cipta. "Di foto itu dicantumkan sumbernya. Di UU No 12/1997 hal itu dibenarkan," katanya disetujui pengacaranya, Donny Fernando.

Sebenarnya, kata Dewi, pada pemuatan November 1998, ia sudah menelepon What's On dan menyatakan keberatan. Tapi, pada 2000, foto itu kembali ditampilkan. Ia pun langsung melaporkannya kepada Polda Metro Jaya dan menuntut ke pengadilan. "Buat apa saya menghubungi mereka, harusnya mereka yang menghubungi saya," katanya ketika ditanya kenapa tidak menggunakan hak jawab.bagja hidayat

No comments:

Post a Comment