Cari Berita berita lama

detikcom - Imigrasi Kesulitan Awasi Orang Asing di Perbatasan

Senin, 14 November 2005.
Imigrasi Kesulitan Awasi Orang Asing di Perbatasan
Fitraya Ramadhanny - detikcom

Jakarta -
Disinyalir banyak orang asing masuk ke wilayah Indonesia secara ilegal. Hal itu terjadi karena lemahnya pengawasan perbatasan dari pihak imigrasi. Kantor itu pun berkelit, mereka sulit mengawasi karena minimnya jumlah personel.

Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Keimigrasian Departemen Hukum dan HAM M Iman Santoso kepada wartawan usai halal bihalal di kantornya, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (14/11/2005).

Menurutnya, pihak imigrasi lalu berupaya memperketat pengawasan terhadap orang asing untuk mengantisipasi pelanggaran imigrasi, terorisme dan kejahatan transnasional. Namun pihak imigrasi mengalami kesulitan personel dalam melakukan pengawasan perbatasan tersebut.

"Masalah geografisnya sudah sulit, dan petugas kita cuma 5 ribu orang untuk mengawasi perbatasan di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Pemerintah saat ini telah memperhatikan secara serius mengenai pengamanan perbatasan untuk tahun anggaran 2006 dengan adanya bantuan dari Australia, Inggris dan Selandia Baru.

Pengawasan perbatasan juga telah dibahas dalam pertemuan tahunan ke-9 Ditjen Imigrasi se-Asia pada Agustus lalu. Dalam pertemuan itu dibahas pula pertukaran informasi intelijen, terorisme dan kejahatan transnasional lainnya.

"Kita tentu ingin tambahan sarana dan prasarana serta personel di perbatasan menjadi perhatian utama," tandas M Iman Santoso.
(
san
)

No comments:

Post a Comment