Cari Berita berita lama

Loading...

"Das Kapital" Diterbitkan Versi Bahasa Indonesia

Rabu, 2 Pebruari 2005.
"Das Kapital" Diterbitkan Versi Bahasa IndonesiaJakarta, 2 Pebruari 2005 19:34Buku "Das Kapital" karya Karl Marx yang selama ini dilarang beredar di Indonesia, akhirnya diterbitkan dalam versi terjemahan Bahasa Indonesia oleh penerbit Hasta Mitra, dengan judul "Kapital, Sebuah Kritik Ekonomi Politik".

Peluncuran buku yang diterjemahkan Oey Hay Djoen, mantan tahanan politik Pulau Buru bernomor punggung 001 itu, dilakukan di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Rabu sore, dihadiri Gus Dur sebagai pembicara utama, budayawan Franz Magnis Suseno SJ, wakil penerbit Jusuf Isak, dan editor Hilmar Farid. Oey sendiri menerjemahkan buku ini dari versi Bahasa Inggris, hanya dalam tempo 11 bulan.

Selain memberikan berbagai pandangannya mengenai buku ini, Gus Dur juga menekankan arti dari kapitalisme itu sendiri. Menurutnya, acara peluncuran buku yang juga dijadikan forum diskusi seputar kapitalisme tersebut, yang harus dimengerti bahwa kapitalisme itu tidak memiliki kuasa.

"Kuasa itu negara. Bahkan bangsa Amerika saja tidak mengerti apa arti kapitalisme. Kita harus ngerti persis duduk soal masalahnya itu," jelas Gus Dur.

Bagi budayawan Franz Magnis Suseno, buku setebal 929 halaman ini memiliki analisa dasar yang masih tetap dapat dipakai sampai hari ini. Apalagi setelah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. "Ini adalah tanda normalisasi pengembalian harkat intelektual bangsa Indonesia," katanya. [EL]

No comments:

Post a Comment