Cari Berita berita lama

Tempointeraktif.com - AAJI Anggap Pemailitan Prudential Sah

Selasa, 4 Mei 2004.

Ekonomi Bisnis
AAJI Anggap Pemailitan Prudential Sah
Selasa, 04 Mei 2004 | 15:16 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta:Berkenaan dengan pemailitan PT Prudential Life Assurance, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) menganggap putusan pengadilan sudah sah, tetapi akibat putusan itu menggangu stabilitas.

"Keputusan pailit atas Prudential dari Pengadilan Niaga Jakarta Pusat sah secara hukum, namun dirasakan tidak proporsional," kata Wakil Ketua Operasional AAJI Adi Purnomo kepada para wartawan di Grand Hyatt Jakarta, Selasa (4/5).

Menurutnya, keputusan pailit adalah masalah hukum, bukan masalah keuangan, karena secara finansial Prudential sangat sehat. Akibat putusan itu, lanjutnya, telah mengancam stabilitas dan kredibilitas industri asuransi jiwa di Indonesia dan sangat berpotensi merugikan pemegang polis.

Adi mengatakan keputusan itu sudah terjadi dan sah secara hukum, sehingga mau tidak mau harus dihadapi. "Yang penting dalam posisi seperti ini adalah mengurangi terjadinya kerugian yang lebih besar dan luas," ujarnya.

Dia juga berharap semua pihak yang terkait ikut membantu agar kerugian tidak semakin membesar dan meluas hingga sangat merugikan industri dan pemegang polis.

Sementara itu, Ketua Dewan Asuransi Indonesia Hotbonar Sinagar mengatakan, seharusnya hakim dalam memutuskan perkara melihat dampaknya. "Kemarin saya berbincang-bincang dengan Luhut Pangaribuan (praktisi hukum), dia menyatakan, seorang hakim seharusnya jangan letter lock. Kalau memutuskan seharusnya dilihat akibat selanjutnya," kata Hotbonar.

Muhamad Nafi - Tempo News Room
INDEKS BERITA LAINNYA :

No comments:

Post a Comment