Sabtu, 24 Mei 2008.
Ancol Terus Kembangkan Konsep Edutainment
Kawasan wisata Ancol Taman Impian, dahulu populer sebagai Taman Impian Jaya Ancol, terus berbenah demi menghadapi ketatnya persaingan destinasi plesiran yang sekarang banyak berkembang di Jakarta dan sekitarnya. Tak saja melakukan perbaikan fasilitas, tempat wisata di kawasan Jakarta Utara ini juga terus mengembangkan alternatif obyek hiburannya. Konsep tempat bermain sambil belajar (edutainment) pun semakin berkambang di sana. Paling baru adalah Wahana Rumah Pintar di Gelanggang Samudra yang diresmikan pada Ahad, awal Mei 2008. Inilah wahana yang digagas PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk (Ancol) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Kerjasama ini digagas dalam rangka mengupayakan pemahaman, kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan, khususnya tentang kelautan dan keanekaragaman hayati. ��Momennya kami ambil dalam rangka memperingati 100 tahun Kebangkitan Nasional,�� kata Falaah K. Dj!
afar, Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, pengembang kawasan Ancol Taman Impian. Bentuk kerjasama tersebut, salah satunya dengan medirikan Rumah Pintar (Rupin) di Gelanggang Samudra. Inilah media belajar sekaligus bermain untuk anak-anak dan pelajar. Dalam Rupin yang berkapasitas 50 orang, pengunjung dapat menikmati story telling dengan beragam tema, antara lain : Mamalia, Ikan & Non Ikan, Ekosistem Pesisir, & Pemanfaatan Sumber Daya Laut, dan pada jam - jam tertentu ada pemutaran film dokumenter serta edugames individual serta kelompok. Wahana ini buka setiap hari pukul 09.00 s/d 16.00 WIB. Gelanggang Samudra merencanakan akan secara rutin menyelenggarakan berbagai kompetisi untuk pelajar, antara lain kompetisi penulisan essai kelautan untuk siswaSMA, Lomba penulisan cerita pendek (cerpen) dengan tema biota laut/mamalia laut untuk SMP & SMA, lomba berkreatifitas dari bahan-bahan yang berasal dari laut untuk SD s/d SMA & UMUM serta Lomba menggambar & mewarna!
i untuk TK, demikian Falaah K. Djafar. Gelanggang Samudra meru!
pakan th
eme park edutainment yang kini digelorakan dengan tema konservasi. Sajiannya antara lain ajakan mengenali dan menyayangi aneka satwa, seperti lumba-lumba, paus putih, dan lain-lain. Pengunjung diberikan sajian hiburan, rekreasi, konservasi satwa, serta pendidikan dan penelitian biota kelautan. Pengunjung pun dapat menikmati petualangan Lumbalumba dalam legenda 1001 Malam dan wahana 4D (Empat Dimensi) terbesar di Tenggara (berkapasitas + 200 orang) dalam bangunan berastektural Pryramid Suku Inca Maya. Dalam Wahana 4D pengunjung dapat melihat, mendengar, mencium juga akan merasakan apa yang dilihat, seperti : cipratan air, hembusan angin dan lainnya. Pendeknya sajian edutainment yang ditawarkan Ancol menyangkut sejumlah wahana iptek. Sekurangnya mereka mengenalkan konsep ilmu pengetahuan, baik itu science (fisika, biologi dll), humaniora ataupun art & culture. Hasilnya menjadikan Ancol sangat diminati, terbukti dari tingkat kunjungan tahun 2007 yang telah mencapai 13.37 pengun!
jung. Aktivitas pembelajaran siswa Ancol dilakukan dari tingkat play group sampai dengan universitas.
( )
No comments:
Post a Comment